Friday, December 3, 2010

Mahal

itu lah ungkapan yang bisa di ungkapkan mengenai harga barang dan makanan di COP16 di Cancun Mexico. Dibanding dengan harga makanan di luar, harga-harga dimana acara penghelatan akbar tentang perubahan ini di gelar bisa mencapi tiga sampai empat kali lipat. British Council dalam welcome package nya juga menyarankan kepada climate championnya agar selama konferensi perubahan iklim (terutama dari pagi sampai sore hari) dapat membeli makanan di area conferensi di gelar.

tentunya, dengan anggaran yang pas-pasan, climate champions harus benar-benar dapat mensiasati makanan yang dikonsumsi dengan budget yang tersedia. Bisa di bayangkan betapa mahalnya harga-harga disinis, misalnya nasi putih setangah porsi orang indonesia di jual 50 pesos (USD 5), salad sayuran 90 pesos (USD 9), Pizza satu slice 65 pesos (USD 6.5, ayam dan daging 120-150 pesos (12-15 USD). Sama halnya dengan buffet di Mancun Messe, penjual membandrol harga USD 25, sementara di Moon Palace - tempat pertemuan tingkat tinggi digelar- harga buffet mencapai USD 40.

pada 2 December 2010, saya memesan nasi sayur dengan harga 70 pesos (USD 7), rasanya sangat asin. Mungkin yang masaknya buru-buru atau memang suka rasa yang sangat asin. Rasanya seperti, maaf,mau muntah dengan nasi sayur. Setelah mengalami kejadian ini, sebelum datang ke tempat konferensi, saya membeli roti di toko penjual makanan dan kelontong untuk dimakan disela-sela acara. Walaupun tidak cukup - karena bukan nasi- paling tidak cukup untuk jadi penahan sampai menemukan makanan yang lain.

Namun demikian, banyak makanan kecil gratis seperti roti dan kue kering juga disediakan oleh penyelenggara side events. Namun, tidak semua penyelenggara menyediakannya. untuk mendapatkan makanan tersebut umumnya harus melalui antri yang agak panjang. Bagi yang berminat bisa langsung antri.

Nantikan cerita lain selanjutnya.

Mahrizal
Dari Cancun Messe, Mexico

1 comment:

  1. apa kabar bang rizal....

    saya mengikuti konferensi cancun lewat koran, katanya masih belum ada kesepakatan untuk menurunkan polusi CO2 ya? terutama Amerika dan China...

    salam,

    ReplyDelete