Sunday, December 5, 2010

Forest Day - Memperingati hari hutan-



Hutan merupakan salah satu faktor penting dalam mencegah perubahan iklim. Menurut para ilmuan, hutan dapat menyerap karbon diaksida yang dilepaskan oleh kegiatan manusia. Oleh karena itu, keberlangsungan hutan merupakan faktor kunci untuk menurunkan gas rumah kaca. Untuk memperingati hari hutan, CIFOR (Center for International Forestry Research) mengadakan pertemuan akbar yang dibuka oleh Presiden Mexico Filipe Calderon. Menurut informasi yang diterima dari panitia, acara yang bertema Forest Day – Time to Act – ini dihadiri oleh 1,800 orang dari berbagai organisasi di seluruh dunia.

Dalam Pidatonya, Presiden Mexico menggarisbawahi dua point penting untuk menjaga keberlangsungan hutan. Pertama peningkatan ekonomi pembangunan, dengan membantu melindungi sumber ekonomi dan pendapatan masyarakat adat dan masyarakat yang bergantung hidupnya dengan hutan. Banyak masyarakat adat terlibat dalam penebangan kayu liar agar bisa menyambung hidup. Makanya, untuk mengatasi hal tersebut, kemiskinan harus diberantas bagi masyarakat tersebut. Presiden memberikan contoh masyarakat adat Mexico yang melakukan pembersihan lahan untuk menanam jagung. Pada penanaman pertama, hasil yang di dapat sangat bagus, namun untuk tahun-tahun selanjutnya hasil panen terus menurun. Oleh karena itu, “kita memerlukan management di tingkat bawah, terutama ditingkat bawah agar bisa menghasilkan lebih bagus.” Presiden melihat kemiskinan merupakan salah satu penghadang untuk mencegah perubahan iklim. Bagi Mexico “Today fight poverty, another day fight for climate change” (Hari ini kita berantas kemiskinan, esok kita melawan perubahan iklim).

Untuk point ke dua, Presiden mengungkapkan pentingnya peningkatan sumber daya yang dialokasikan dibidang kehutanan. Mexico mengalokasikan sekitar 500 juta dollar Amerika untuk hutan dibeberapa tahun yang lalu, dan jumlah dana yang dialokasikan dibidang ini terus meningkat mencapai 620 juta dollar Amerika. Presiden mengungkapkan bahwa ia juga ingin meningkatkat jumlah kawasan hutan lindung. Diakhir pidatonya, Presiden mangajak semua pihak untuk memberi tekanan kepada para pihak yang berdialog di COP16 terutama dibidang mekanisme REDD+ dan mengatakan bahwa sekarang adalah waktunya untuk bertindak (Now time to act).

Dilaporkan langsung dari Cancun Center, Cancun, Mexico.

3 comments: